Profil PATEN

Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik serta Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelayanan Publik. Apabila dikaitkan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, kecamatan mempunyai posisi strategis bagi suatu daerah kabupaten dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Lingkup yang lebih kecil membuat kecamatan memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, hal itu dikarenakan Kecamatan selalu berhadapan dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Pelayanan publik dalam Kecamatan yaitu Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Namun pada kenyataanya masih saja terdapat permasalahan dalam implementasinya. Salah satunya ada pada Kantor Kecamatan Tamiang Hulu yaitu Inovasi pelayanan penerbitan izin usaha mikro berbasis on-line yang tidak berjalan, Berdasarkan permasalahan tersebut, dalam mengenai implementasi PATEN sehingga kita dapat mengetahui serta memberikan kritik dan saran guna meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diambil berdasarkan data primer dan data sekunder yang mana data primer adalah data berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi, lalu data sekunder adalah berdasarkan Surat XIII Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, Peraturan Bupati Aceh Tamiang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Bupati kepada Camat serta Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Kecamatan Tamiang Hulu Tahun 2019. Hasil nya menunjukkan bahwa impelementasi PATEN di Kantor Kecamatan Tamiang Hulu menunjukkan bahwa PATEN telah berjalan dengan cukup baik dilihat dari segi sumber daya, disposisi, serta struktur birokrasi. Hal tersebut ditambah dengan hasil SKM yang menyatakan bahwa pelayanan di Kantor Kecamatan Tamiang Hulu telah berjalan dengan cukup baik dengan mendapat nilai 85,63. Namun masih terjadi sedikit penghambat dalam implementasinya dari aspek komunikasi.